Sabtu 04 Jun 2016 23:53 WIB

Banjir Rob Terjang Ribuan Rumah Warga di Medan

Red: Hazliansyah
  Warga melintas di atas genangan banjir ROB di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Jumat (18/10).    ( Rakhmawaty La'lang/Republika)
Warga melintas di atas genangan banjir ROB di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Jumat (18/10). ( Rakhmawaty La'lang/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Banjir rob atau banjir laut pasang yang terjadi di Belawan, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu sore, merendam ribuan rumah warga di 6 Kelurahan di kota itu. Namun tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka dalam peristiwa itu.

"Banjir yang melanda Belawan itu, kedalamannya bervariasi ada yang 1 hingga 2 meter merendam pemukiman penduduk," ujar salah seorang warga Kelurahan Belawan Bahari, Pendi Pohan (54) yang dihubungi dari Medan, Sabtu malam.

Banjir laut pasang Belawan ini, menurut dia, baru pertama kali ini mencapai 2 meter, dan hal sangat berbahaya bagi keselamatan masyarakat Belawan yang tinggal di pinggiran laut.

"Pemkot Medan diharapkan dapat segera membeton dan meninggikan bangunan penahan ombak yang berada di wilayah Belawan," ujar Pendi.