Makanan Kaya Cairan Jadi Menu Terbaik Berbuka

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Rabu 08 Jun 2016 07:19 WIB

Semangka Foto: flickr Semangka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang Ramadhan sering Anda dipusingkan dengan menu-menu sahur yang selama satu bulan harus dipersiapkan. Kadang kepraktisan lebih dikedepankan daripada kebutuhan tubuh yang mesti dipenuhi

Padahal, selama berpuasa, tubuh juga perlu asupan makanan dan minuman yang mencukupi untuk setengah hari. Terlebih lagi jika Anda pekerja yang mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran.

Menurut Chef Ari Galih, ketika bulan Ramadhan, tubuh perlu konsumsi makanan yang penuh nutrisi dan energi. Ditambah lagi, makanannya juga bisa memasok cairan tubuh untuk meningkatkan kadar air.

"Kan dalam tubuh butuh banyak cairan, ini nggak cuma dari air saja, tapi buah-buhan dan sayuran bagus buat sahur," ujar Chef Galih.

Ketika sahur atau berbuka sangat dianjurkan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sehingga memilih sayuran atau buah-buahan  yang menyumbang cairan cukup besar. Bukan makanan yang bersifat padat.

Chef Galih mencontohkan dengan jenis buah-buahan yang kaya cairan seperti semangka. Sedangkan untuk sayuran, hampir kebanyakan memang bagus dikonsumsi sebab memiliki nutrisi dan serat yang bagus untuk tubuh.

"Jangan padat-padat  kaya pisang, mangga ini nggak bagus. Mending semangka, strawberry atau melon," kata Chef Galih.

Terpopuler