Sabtu 11 Jun 2016 20:50 WIB

Pendaki Swiss Hilang di Semeru Belum Ditemukan

Red: Yudha Manggala P Putra
Jalur turun dari puncak Gunung Semeru atau Mahameru.
Foto: Erik Purnama Putra
Jalur turun dari puncak Gunung Semeru atau Mahameru.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Tim SAR gabungan belum menemukan pendaki asal Swiss Lionel Du Creaux (26) yang dinyatakan hilang di puncak Gunung Semeru berketinggian 3.676 meter dari permukaan laut di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Hingga Sabtu sore masih belum ditemukan pendaki yang hilang di gunung tertinggi Pulau Jawa itu, namun upaya pencarian secara maksimal terus dilakukan," kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Budi Mulyanto saat dihubungi di Lumajang, Sabtu (11/6) sore.

Menurut dia, tim SAR sudah berusaha melakukan pencarian melalui dua jalur yakni dari Ranu Pani dengan fokus pencarian di jurang yang berkedalaman 75 meter (Blank 75) dan jalur Tawon Songo dengan lokasi pencarian di Patok A dan Patok B.

"Jumlah personel SAR yang melakukan pencarian terhadap survivor asal Swiss itu bertambah setiap harinya karena banyak pihak yang membantu melakukan pencarian setelah diumumkan pencarian secara terbuka 'Open SAR'," tuturnya.