Senin 13 Jun 2016 10:17 WIB

Duh, Banyak Gerai Makanan yang Diminati Muslim Belum Jelas Kehalalannya

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Damanhuri Zuhri
Halal
Foto: muslimdaily
Halal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini banyak restoran dan gerai-gerai makanan yang diminati kaum Muslim namun belum jelas kehalalannya.

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW) Ikhsan Abdullah mengatakan Bread Talk, JCO, Hanamasa, dan Sate Senayan adalah contoh kecil dari gerai restoran yang belum bersedia melakukan sertifikasi halal sesuai amanat Undang-Undang No 33 tahun 2013.

"Bahan baku untuk membuat roti, donat, biskuit adalah gandum yang halal dan thoyib, akan tetapi kita tidak pernah tahu apa bahan campuran (bahan pembantu) yang digunakan itu halal atau tidak," ujarnya kepada Republika.co.id, baru-baru ini.

Misalnya, kata Ikhsan, ketika mencampurkan butter atau bumbu, apakah bahan tersebut halal? Para pelaku usaha wajib mendeklarasikan kepada konsumen kalau produknya halal atau tidak halal sehingga jelas ada jaminan.

Demikian juga restoran. Ayam, daging sapi dan ikan sangat jelas adalah bahan yang halal dan thoyib. Akan tetapi manakala bumbunya menggunakan unsur yang tidak halal misalnya arak Cina atau alkohol, maka ayam, daging dan ikan tersebut menjadi tidak halal.

Belum proses memasaknya harus jelas. Apakah alat masaknya tercampur dengan alat masak yang digunakan untuk memasak bahan-bahan non halal atau tidak.

Di sinilah perlunya kejelasan dengan pencantuman lebel sesuai peraturan pemerintah tentang Pelabelan atau Sertifikat Halal.

"Atau labeli dengan keterangan barang haram sehingga konsumen khususnya umat Islam yang sedang menjalankan puasa Ramadhan diberikan jaminan dan kenyamanan bahwa produk yang digunakan, makanan dan minuman yang dikonsumsinya telah jelas kehalalannya," ujar Ikhsan. Inilah inti dari amanat UU Jaminan Produk Halal, yang telah diundangkan pada September tahun 2014.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement