Rabu 15 Jun 2016 22:25 WIB

Polresta Bekasi Survei Jalur Mudik Hadapi Arus Mudik

Rep: Kabul Astuti/ Red: Karta Raharja Ucu
Jalur mudik di Bekasi
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Jalur mudik di Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sejumlah persiapan dan pembenahan mulai dilakukan pemerintah untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2016. Memastikan kesiapan lalu lintas dalam mudik Lebaran, Satlantas Polresta Bekasi melakukan survei lapangan di dua ruas utama jalur mudik di Kota Bekasi.

Kepala Satlantas Polresta Bekasi, Kompol Bayu Pratama Gubunagi, menyatakan pihaknya sudah melakukan survei kelaikan jalan untuk persiapan arus mudik Lebaran 2016. Pada Selasa (14/6) kemarin, Satlantas juga melakukan rapat koordinasi dengan stake holder terkait dari Pemerintah Kota Bekasi.

Ia menyampaikan survei kelaikan jalan tahap kedua akan kembali dilakukan hari ini, Rabu (15/6), bersama unsur Muspida. "Survey sudah dilakukan di dua ruas jalan utama mulai dari Kalimalang (perbatasan Sumber Arta sampai perbatasan Tongyang Tambun), kemudian Jalur Utara di Jalan Sultan Agung mulai dari Harapan Indah sampai ke Sasak Jarang," kata Bayu kepada Republika.co.id, Rabu (15/6).

Survei tahap kedua masih dilakukan di jalur yang sama, yaitu Kalimalang dan Jalur Utara sampai Sasak Jarang. Kedua jalur tersebut menurut dia merupakan jalur favorit para pemudik.

 

Bayu mengatakan, ada beberapa aspek yang menjadi sasaran pengecekan dalam survei ini. Antara lain kondisi infrastruktur jalan, kelaikan jalan, kelengkapan rambu-rambu petunjuk arah, serta pengecekan lampu penerangan jalan.

Satlantas juga mempertimbangkan persiapan rekayasa lalu lintas pada saat puncak arus mudik nanti, baik berupa contra flow maupun pengalihan arus. Termasuk, pendirian tenda pengamanan untuk membantu para pemudik beristirahat dan mendapatkan informasi.

Berdasarkan hasil survei, Bayu mengungkapkan, pihaknya masih menemukan beberapa ruas jalan yang bergelombang dan berlubang. Kondisi jalan bergelombang masih ditemukan di daerah Sumber Arta lantaran adanya pengerjaan proyek tol Becakayu. Satlantas juga menemukan satu lokasi jalan berlubang di depan Al Azhar.

"Jalan tersebut berlubang karena sedang ada perbaikan pipa PDAM, nanti selesai perbaikan langsung ditutup kembali. Posisinya ada di tengah dekat median jalan," kata Bayu memaparkan. Kendati demikian, menurut dia, secara umum jalur mudik di Kota Bekasi dalam kondisi cukup baik. Penerangan jalan berfungsi dengan baik.

(Baca Juga: Pemkot Bekasi Minta Pengerjaan Tol Becakayu Dihentikan Selama Mudik)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement