KNRP Lampung: Palestina Berjasa Besar Atas Kemerdekaan Indonesia

Red: Teguh Firmansyah

Selasa 21 Jun 2016 22:24 WIB

KNRP Lampung bersama Syeikh Kholil bersilaturahmi ke Bupati Pesawaran. Foto: KNRP Lampung KNRP Lampung bersama Syeikh Kholil bersilaturahmi ke Bupati Pesawaran.

REPUBLIKA.CO.ID, Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Lampung bersama syeikh Palestina Muhammad Kholil Balata melakukan kunjungan ke beberapa kota dan kabupaten di Lampung selama tujuh hari sejak 17-24 Juni.

Kegiatan ini dalam rangka Safari Ramadhan yang menjadi program tahunan,

Ketua KNRP Lampung Akhmadi Sumaryanto mengatakan, saat ini Palestina adalah negara paling terjajah di dunia. Indonesia sebagai bangsa yang menolak penjajahan di atas dunia harus ikut membantu kemerdekaan Palestina. Apalagi Palestina punya jasa besar terhadap kemerdekaan Indonesia.

“Palestina memiliki jasa besar dalam kemerdekaan Indonesia, Para syeikh Palestina yang mendorong Mesir sebagai Negara pertama yang mengakui Kemerdekaan Indonesia dan ini fakta sejarah yang tidak boleh dihapuskan dalam sejarah kemerdekaan Indonesia,” ujar Akhmadi dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Selasa.

Sebelum menyampaikan nasihatnya Syeikh Muhammad Kholil Balata terlebih dahulu menyampaikan rasa terimakasih kaum muslim Palestina kepada umat Islam Indonesia atas bantuan yang selama ini diberikan.

Dalam  tausyiah-nya di Masjid Ad Du’a Wayhalim beliau menjelaskan bahwa Kaum Muslimin memiliki kewajiban untuk turut membebaskan Palestina dari Penjajahan Zionis Yahudi karena Palestina adalah tanah suci yang diberkahi. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam Alquran Surat Al-Isra’ ayat pertama,  “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

Syeikh Kholil sapaan akrab Syeikh Muhammad Kholil Balata menambahkan, di Palestina terdapat Masjid Al Aqsa yang bagi umat Islam memiliki beberapa keistimewaan. Di antaranya, Kiblat pertama umat Islam, masjid kedua yang dibangun di muka bumi, satu dari tiga masjid yang memiliki kedudukan penting dalam Islam yakni selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.  

"Palestina juga merupakan Negeri para Nabi. Banyak nabi-nabi dilahirkan, hidup dan dimakamkan di sana, seperti Nabi Ibrahim, Ishak, Sulaiman, Musa dan Daud," ujar Syeikh Kholil yang Hafal Al Qur’an 30 Juz pada usia 15 tahun.

Baca juga, Israel Kembali Rampas Tanah Palestina di Tepi Barat.

Sementara itu Bendahara KNRP Lampung Yusuf Effendi mengatakan, Dalam safari Ramadhan ini KNRP Lampung juga melakukan penggalangan dana kemanusiaan yang akan disalurkan untuk rakyat Palestina yang di tengah penderitaannya mereka tetap menjalankan kewajibannya berpuasa.

Sampai Senin kemarin telah terkumpul sebesar Rp.112.370.000. "Insya Allah dana yang terkumpul dari masyarakat Lampung akan kami salurkan kepada rakyat Palestina yang dalam kondisi terjajah tetap menjalankan ibadah Puasa.” ujar Yusuf.

Yusuf juga menambahkan bagi masyarakat yang ingin menyalurkan donasinya bisa melalui nomor rekening  atas nama KNRP Lampung yaitu Bank Muamalat 357 000 1752, Bank Syariah Mandiri (BSM) 70555 99968 atau BCA 0230 1029 485

Dalam agenda safari Ramadhan kali ini Syeikh Palestina bersama KNRP Lampung berkunjung ke beberapa Kota dan Kabupaten di Lampung di antaranya Bandar Lampung, Metro, Pesawaran dan Lampung Selatan.

Terpopuler