Kamis 23 Jun 2016 17:02 WIB

PKS: Pemecatan Fahri Hamzah Demi Tegakkan Kedisiplinan Partai

Red: Maman Sudiaman
Muzzamil Yusuf
Foto: Republika
Muzzamil Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan DPP PKS Al Muzzammil Yusuf menegaskan, sejak awal tidak ada sama sekali niatan PKS memecat Fahri Hamzah (FH) dari keanggotaan PKS. Namun, karena pembangkangan yang dilakukannya, langkah itu terpaksa diambil untuk menegakkan kedisiplinan partai.

Al Muzzammil mengemukakan hal itu untuk menjawab pernyataan Mahfudz Siddiq yang menyebut pemecatan FH didasari kebencian.

"Mahfudz Siddiq adalah saudara saya. Kebijakan partai tentang Fahri adalah soal kedisiplinan dan ketidaktaatan terhadap kebijakan struktur partai. Jadi tidak pernah berpikir dari awal pemecatan," kata Muzzammil dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Kamis (23/6), di Jakarta.

Menurut Muzzammil, FH diberi sanksi melalui proses berjenjang di kelembagaan partai yang berwenang karena melakukan perlawanan. Prosesnya dimulai dari laporan Kaderisasi, kemudian Badan Penegak Disiplin Organisasi (BPDO), Majelis Qodho, dan terakhir Majelis Tahkim (mahkamah partai).