Ahad 26 Jun 2016 08:32 WIB

Bupati Dedi Mulyadi Periksa Persediaan Vaksin di Purwakarta

Red: Bilal Ramadhan
Dedi Mulyadi
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Dedi Mulyadi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melakukan pemeriksaan secara langsung persediaan vaksin di sejumlah Puskesmas sekitar Purwakarta, Jawa Barat, sebagai upaya pencegahan peredaran vaksin palsu.

Dalam melakukan pemeriksaan vaksin di sejumlah Puskesmas sekitar Purwakarta yang digelar pada Sabtu, bupati didampingi petugas dari Dinas Kesehatan setempat. "Saya sengaja mengecek langsung, karena tidak mau kecolongan seperti di daerah lain yang beredar vaksin palsu," katanya.

Setelah melakukan pemeriksaan dengan berkeliling ke sejumlah Puskesmas di sekitar Purwakarta, Dedi memastkan tidak ada vaksin palsu di daerahnya. Bupati mengimbau agar masyarakat tidak perlu cemas dengan kabar beredarnya vaksin palsu. Sebab di Purwakarta tidak ditemukan vaksin palsu.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan, juga memastikan kalau di Purwakarta tidak ada vaksin palsu. Menurut dia, vaksin di Puskesmas-Puskesmas sekitar Purwakarta tidak mungkin palsu. Karena proses pengadaan vaksin di daerahnya sudah jelas, yakni Dinas Kesehatan Purwakarta sudah terkoneksi dengan produsen vaksin yang memiliki kualifikasi yang cukup baik.