Dishub Solo Bagikan Peta Mudik

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nidia Zuraya

Senin 27 Jun 2016 14:04 WIB

Pemudik dengan sepeda motor, ilustrasi Pemudik dengan sepeda motor, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Memasuki arus mudik lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta membagi-bagikan peta mudik kepada pengendara yang melintas di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Surakarta, Senin (27/6). 

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Surakarta, Sri Baskoro, mengungkapkan kegiatan itu bertujuan agar warga yang hendak bepergian ke luar Solo, terlebih untuk pemudik yang melalui Solo, dapat mengetahui titik-titik kemacetan, titik rawan kecelakaan, rest area, hingga sejumlah jalan alternatif lainnya. Dengan demikian diharapkan pemudik tidak kebingungan saat memasuki kota Surakarta.

"Solo sebagai Kota yang ramah pada pemudik, pelancong yang ingin memanfaatkan waktu liburbnya, jangan sampai mereka yang masuk ke Solo tersesat. Meski ada GPS tapi tidak semua menggunakan, kami mencoba membantu dengan peta mudik untuk lebih mempermudah," tuturnya. 

Menurutnya dipilihnya Jalan Slamet Riyadi untuk mebagikan peta mudik dikarenakan Jalur tersebut menjadi salah satu jalur utama yang akan dilintasi pemudik dari arah Barat maupun Timur. Sekitar 10 ribu peta mudik akan dibagi-bagikan hingga beberapa hari kedepan. Selain dibagikan ke pengendara baik roda dua atau roda empat yang melintas sepanjang jalan Slamet Riyadi, peta mudik juga akan dibagikan di Terminal, Stasiun dan Bandara.

Lebih lanjut ia menjelaskan di peta mudik juga terdapat sejumlah nomor telepon penting di kota Solo yang dapat dihubungi oleh pemudik. Selain melalui peta, kata dia pemudik juga dapat mengetahui seputar pantauan lalu lintas di Solo, hotel dan penginapan lainnya, kuliner dengan memanfaatkan aplikasi Solo Destination.

Selain itu, melalui peta tersebut paa pemudik juga beberapa ruas jalan yang berpotensi menjadi titik rawan kemacetan dan rawan kecelakaan.

 

Terpopuler