H-5 di Pelabuhan Merak, Arus Mudik Masih Normal

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari

Jumat 01 Jul 2016 11:32 WIB

Kapal Roro mengisi penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (21/6).  (Republika/ Wihdan) Foto: Republika/ Wihdan Kapal Roro mengisi penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (21/6). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Kepadatan volume kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Cilegon, Banten sempat terjadi pada Kamis (30/6) malam hingga Jumat (1/7) dini hari. Meski begitu, pada Jumat pagi atau H-5, arus kendaraan sudah kembali normal.

Berdasarkan pantauan Republika.co,id, tidak tampak kepadatan di loket masuk menuju Pelabuhan Merak. Hanya ada antrean normal sebanyak maksimal tiga kendaraan.

Operator Pelabuhan Merak PT ASDP Indonesia Ferry mencatat, total kendaraan yang menyeberang menuju pelabuhan Bakauheni, Lampung pada H-6 sebanyak 14.187 unit. Jumlah tersebut meningkat cukup jauh dari kendaraan pada H-7 yang berjumlah 8.960 unit.

Jumlah kendaraan yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak dari H-12 hingga H-6 sebanyak 56.995 unit. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah itu meningkat sebanyak 1,4 persen. Sementara untuk rentang waktu yang sama, tercatat 270.025 penumpang telah menyeberang menuju Sumatera dan terjadi peningkatan sebanyak 3,9 persen dibanding tahun lalu.

Untuk arus mudik 2016, ASDP Merak mengoperasikan 27 kapal Roll On-Roll Off (Ro-Ro) yang pulang pergi menuju Bakauheni. Staf Humas ASDP Merak Anggi Rizki mengatakan, kepadatan arus mudik memang kerap terjadi pada malam hari. Ia pun mengimbau pemudik agar melakukan perjalanan pada siang hari untuk menghindari penumpukan pada malam hari.

Meski begitu, ia memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Jumat malam mengingat dimulainya libur bagi pegawai negeri dan kartawan swasta.

Terpopuler