Rabu 06 Jul 2016 03:23 WIB

Suka Duka Pak Polisi di Hari Lebaran, Nangis Lihat Keluarga Mudik

Rep: Muhyiddin/ Red: Ilham
Ilustrasi polisi bertugas di Hari Lebaran
Ilustrasi polisi bertugas di Hari Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota polisi memiliki banyak cerita suka duka saat bertugas di lapangan ketika lebaran, khususnya pada Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah tahun hari ini. Mereka rela tak merayakan lebaran bersama keluarga untuk melayani masyarakat.

Republika.co.id mencoba mencari tahu bagaimana kisah polisi yang akan menjalankan tugas di Polda Metro Jaya DKI Jakarta saat lebaran. Salah satunya, Kepala Urusan Teknologi dan Informasi B Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, AKP Mulyono.

Pada Senin (4/7) siang, tampak ia sedang bertugas bersama beberapa anggotanya untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Dari monitor berukuran besar, ia terus memantau ratusan CCTV yang merekam beberapa sudut kota di Indonesia. Saat itu, ia juga memantau sejumlah titik macet pada arus mudik tahun ini.

Mulyuno mengatakan, setiap hari ada sekitar 14 personel yang ditugaskan di TMC Polda Metro Jaya. Selama 24 jam mereka menjaga secara bergantian. "Lebaran tidak pernah mudik kita. Jaga terus. Semenjak jadi polisi sampai sekarang pun belum pernah mudik," kata dia.