Menristekdikti Ingatkan Pentingnya Menjaga Toleransi

Rep: C36/ Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 06 Jul 2016 13:35 WIB

 Menristekdikti M Nasir. (Republika/Tahta Aidilla) Foto: Republika/ Tahta Aidilla Menristekdikti M Nasir. (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir, mengingatkan pentingnya pesan pendidikan toleransi setelah Bulan Ramadhan usai. Menurut Nasir, sikap toleransi penting untuk menjaga hasil ibadah selama Ramadhan.

"Kami ingatkan kembali pentingnya bulan Ramadhan bagi pendidikan setiap individu. Yang utama adalah mendidik untuk terus menjaga pengendalian diri, kemudian menjaga toleransi," ujar Nasir kepada Republika usai ibadah salat Idul Fitri di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (6/7).

Dia melanjutkan, pengendalian diri yang baik dapat memelihara sikap tanggung jawab pada individu. Dengan begitu, individu akan menghindari tindakan negatif yang tidak perlu, seperti mudah berprasangka dan fitnah terhadap sesama individu lainnya.

Sikap menahan diri, tutur Nasir, perlu terus dipelihara agar individu terbiasa dengan suasana yang toleran. "Umat muslim harus selalu ingat pentingnya menjaga toleransi, baik terhadap sesama muslim maupun non muslim. Ke depan, kami harapkan umat muslim semakin sejahtera dengan semangat bertoleransi," kata Nasir.