Antrean Kendaraan Sampai Plumbon, GT Palimanan akan Digratiskan

Rep: Kabul Astuti / Red: Hazliansyah

Jumat 08 Jul 2016 18:20 WIB

Kendaraan pemudik melintas di Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, Sabtu (2/7). Pada H-4 lebaran kendaraan pemudik yang melaui Tol Cipali ramai lancar sejak sore hari. Hal ini berbeda dengan H-5 yang macet cukup panjang. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan pemudik melintas di Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, Sabtu (2/7). Pada H-4 lebaran kendaraan pemudik yang melaui Tol Cipali ramai lancar sejak sore hari. Hal ini berbeda dengan H-5 yang macet cukup panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, PALIMANAN -- PT Lintas Marga Sedaya selaku pengelola tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan memberlakukan sistem pembayaran gratis di gerbang tol (GT) Palimanan saat antrean kendaraan arus balik ke arah Jakarta sudah mencapai Plumbon. Hal ini dilakukan untuk mengurangi antrean kendaraan di Tol Cipali.

"Sesuai arahan vicon (video conference) kemarin dengan Kakorlantas, akan ada sistem pembayaran gratis bila ekor sudah sampai Plumbon, bila sudah lancar lagi diberlakukan pembayaran lagi," kata Kapolres Cirebon, AKBP Sugeng Hariyanto, kepada Republika.co.id, Jumat (8/7).

Sugeng menyatakan, sistem pembayaran gratis diberlakukan untuk mengantisipasi penumpukan antrean yang berkepanjangan di GT Palimanan. Biaya tol diterapkan gratis saat ekor antrean GT Palimanan sudah macet total sampai Plumbon. Pengguna jalan dapat melintas langsung tanpa melakukan transaksi di GT Palimanan. Transaksi diterapkan lagi bila antrian sudah mulai lancar.

Kepolisian sudah memprediksi GT Palimanan berpotensi menjadi titik kemacetan lalu lintas selama arus balik lebaran. Pemudik dari GT Brebes Timur arah Jakarta hanya mengambil tiket kemudian membayar biaya tol di GT Palimanan. Di GT Palimanan, pemudik arah Jakarta juga akan mengambil tiket untuk selanjutnya dibayar di GT Cikarang Utama. Skema pembayaran gratis diharapkan dapat memangkas waktu tunggu transaksi di gardu tol.