Polda Jabar Juga Gunakan RTMC Mobile Pantau Arus Mudik-Balik

Rep: Lintar Satria/ Red: Hazliansyah

Jumat 08 Jul 2016 19:41 WIB

Kendaraan melintas di kawasan ruas jalan Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu (15/6). Kawasan ini merupakan jalur alternatif sepanjang 5,3 km untuk mengurai kemacetan dan kepadatan kendaraan pemudik yang nantinya digunakan pada arus balik Idul Fi Foto: Republika/Yasin Habibi Kendaraan melintas di kawasan ruas jalan Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu (15/6). Kawasan ini merupakan jalur alternatif sepanjang 5,3 km untuk mengurai kemacetan dan kepadatan kendaraan pemudik yang nantinya digunakan pada arus balik Idul Fi

REPUBLIKA.CO.ID, CIKOPO -- Kepolisian Daerah Jawa Barat tidak hanya mengadalkan Pos Pantau Arus Mudik-Balik Operasi Ramadniya 2016 yang terletak di Cikopo, Jawa Barat, tapi juga RTMC (Road Trafic Management Center) mobile untuk memantau lalu lintas arus-mudik dan balik lebaran tahun ini.

"Itu fungsinya sama seperti posko kita, tapi kelebihannya karena mobile dia bisa bergerak kemana saja," kata Kepala Pos Utama Pemantauan Mudik Polda Jabar AKBP Arief Budiman, Jumat (8/7).

Arief mengatakan RTMC bisa mengabarkan, mengambil gambar, mengirim gambar termasuk menerima gambar dari lokasinya bergerak. Sehingga, tambah Arief, pimpinan atau pengambil keputusan bisa segera menentukan langkah apa yang harus diambil.

"Tidak perlu harus menunggu kembali ke posko atau melihat kembali kamera yang ada di posko di mana pun di lapangan bisa kami lakukan," kata Arief.