Ahad 17 Jul 2016 03:58 WIB

Bandara Malang Masih Ditutup Hingga Ahad Pagi Akibat Erupsi Bromo

Rep: C39/ Red: Israr Itah
Lanskap Gunung Bromo yang berstatus waspada terlihat dari udara Jawa Timur, Selasa (17/5).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Lanskap Gunung Bromo yang berstatus waspada terlihat dari udara Jawa Timur, Selasa (17/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erupsi Gunung Bromo Jawa Timur masih menyebabkan Bandara Abdulrachman Saleh Malang belum dapat beroperasi hingga Ahad (17/7) pukul 09.00 WIB. Ini ditandai keluarnya Notice to Airmen (Notam) nomor C 3901/16 pada Sabtu (16/7).

“Abu Vulkanik dari sebaran erupsi Gunung Bromo dianggap membahayakan penerbangan dari dan ke bandara tersebut,” jelas Kepala Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, Dadun Kohar dalam keterangan persnya, Sabtu (16/7).

Sebelumnya, Bandara Abdul Rachman Saleh sempat dibuka selama tiga hari yaitu pada Selasa (12/7) hingga Kamis (14/7). Namun, dinyatakan kembali ditutup pada Jumat (15/7). Sejak penutupan bandara tersebut, sudah dikeluarkan sebanyak empat Notam perpanjangan penutupan Bandara mulai 11 Juli 2016.

Danun mengatakan, Kementerian Perhubungan akan terus memantau perkembangan abu vulkanik dengan mengeluarkan Notam secara berkala dan menginformasikannya kepada masyarakat melalui media maupun media sosial. 

“Hal tersebut merupakan bagian dari upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi umum sesuai dengan fokus kerja Kementerian Perhubungan,” jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement