Senin 18 Jul 2016 08:40 WIB

Hari Pertama Sekolah Bikin Macet Sejumlah Jalan di Bogor

Red: Achmad Syalaby
Sekolah
Sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Hari pertama masuk sekolah pada Senin (18/7) ini membuat macet sejumlah ruas jalan di Bogor, Jawa Barat. Salah satunya Jalan Raya Dramaga. Pada sekitar pukul 06.30 WIB, kemacetan terjadi dua arah baik dari arah Dramaga menuju Bubulak maupun sebaliknya. 

Kemacetan itu  terjadi mulai dari depan Hotel Duta Berlian hingga menuju pertigaan Bubulak. Dari arah Bubulak kemacetan terjadi di depan Giant Dramaga. Akibat kemacetan tersebut, jarak tempuh yang harusya dappat dicapai dalam waktu 30 menit menjadi lebih dari 45 menit. Sejumlah pelajar sekolahpun terkendala mendapatkan angkutan umum karena tertahan arus lalu lintas.

Sejumlah pelajar yang bersekolah di SMP 2 dan SMA 1 Dramaga milk pemerintah Kabupaten Bogor ada yang memilih berjalan kaki untuk melanjutkan perjalanan mencapai sekolahnya sekitar kurang lebih 150 meter. Begitu juga pelajar yang dari arah Caringin, terlihat menunggu daam jumlah banyak karena angkot yang ingin mereka tumpangi tertahan di Bubulak.

Kemacetan juga terjadi di ruas jalan Merdeka dari PGB sampai Taman Topi. Penyumbatan arus terjadi di Jembatan Merah dan Stasiun Besar Bogor.

Sementara itu, di sejumlah sekolah aktivitas hari pertama masuk banyak orag tua yang ikut mengantarkan anaknya ke sekolah. Sehingga membuat arus di depan sekolah menjadi tersendat.

Salah satu orang tua siswa SD Negeri Polisi 1, Kota Bogor, Naya (41 tahun) mengatakan, dia sengaja untuk mengantarkan anaknya ke sekolah karena belum mengetahui kelasnya. "Tidak ada daftar ulang jadi kita tidak kelas anaknya ada dimana. Kebetulan anak saya minta ditemenin," kata ibu empat anak tersebut.

Menurut Naya, berbeda dengan SMP dan SMA yang memberlakukan daftar ulang sehingga siswa sudah langsung tahu ruang kelasnya."Anak saya yang SMA dan SMP sudah tahu ruang kelasnya jadi gampang tinggal diantarkan ke sekola mereka langsung dilepas tidak perlu ditunggui," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement