Selasa 19 Jul 2016 13:25 WIB

Sekolah di Depok Dilarang Adakan Perpeloncoan

Rep: rusdy nurdiansyah/ Red: Ani Nursalikah
Siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri (SDN) mengikuti pengenalan sekolah saat masuk pertama.   (Republika/Yasin Habibi)
Siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri (SDN) mengikuti pengenalan sekolah saat masuk pertama. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok Mohammad Idris menegaskan sekolah dilarang mengadakan perpeloncoan.

"Dilarang perpeloncoan untuk siswa-siswi sekolah tahun ajaran baru 2016-2017 di seluruh sekolah di Kota Depok," ujar Idris di Balai Kota Depok, Selasa (19/7).

Menurut Idris, jika ada sekolah yang mengadakan perpeloncoan, maka yang bertanggung jawab adalah kepala sekolahnya. "Saya ucapkan selamat untuk anak-anak Kota Depok yang kini baru memasuki tahun ajaran baru 2016-2017. Khususnya untuk kakak-kakak senior mari sambut adik-adik kita dengan baik," ujarnya.

Idris mengatakan hari pertama masuk sekolah merupakan suasana di mana semua siswa-siswi harus mendapatkan pembelajaran pengenalan sekolah dengan hal yang baik.

"Memasuki hari pertama memang hanya pengenalan, terutama dalam pengenalan lingkungan sekolah, dan ada baiknya kita isi pengenalan sekolah dengan hal yang positif dan memberikan pembelajaran yang berkesan untuk hari pertama mereka terhadap sekolah," katanya.

Idris berpesan agar para guru, karyawan, dan murid senior di suatu sekolah tidak melakukan hal-hal negatif yang berdampak buruk bagi siswa-siswi yang baru masuk. "Sekali lagi saya katakan tidak ada perpeloncoan!" kata Idris.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.

(QS. Al-Ma'idah ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement