Selasa 26 Jul 2016 13:44 WIB

Iklan Rokok Terselubung akan Ditertibkan

 Penandatanganan deklarasi menolak iklan rokok di lingkungan sekolah.
Penandatanganan deklarasi menolak iklan rokok di lingkungan sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM — Dinas Pertamanan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, segera menertibkan iklan rokok terselubung terutama di lingkungan sekolah.

Kepala Dinas Pertamanan Kota Mataram HM Kemal Islam  mengatakan penertiban iklan rokok terselubung direncanakan setelah kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-26 berakhir.

"Iklan rokok terselubung ini banyak berada di warung-warung termasuk di warung kawasan pendidikan,” katanya di Mataram, Selasa (26/7). Menurut dia, iklan rokok terselubung adalah ikan rokok yang memberikan promosi dengan membuat spanduk yang mencantumkan nama warung atau pemilik warung kemudian disisipkan iklan rokok.

"Kita berani menertibkan iklan rokok terselubung di warung-warung karena sudah jelas iklan tersebut tidak memiliki izin,” kata dia. Menurut dia, penertiban iklan rokok di warung-warung itu merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kota Mataram yang akan menghapuskan iklan rokok di kota ini secara bertahap.

Penghapusan iklan rokok ini merupakan salah satu variabel untuk menwujudkan Mataram sebagai kota layak anak (KLA) tahun 2018. "Apalagi pada puncak Hari Anak Nasional yang berlangsung di Taman Sangkareang (23/7) Mataram, anak-anak telah menyuarakan dan meminta pemerintah membersihkan iklan rokok di setiap daerah," ujarnya.

Untuk mengakomodasi suara anak tersebut, sejak akhir tahun 2015 pemerintah kota sudah mulai membatasi pemasangan izin iklan rokok di setiap sudut kota ini. Pembatasan bahkan dilakukan dengan menekan permohonan pemasangan iklan rokok hingga 85 persen.

"Dulunya kita memberikan izin satu perusahaan rokok memasang 100 iklan pada satu titik, tetapi saat ini mereka hanya boleh memasang maksimal 15 iklan rokok pada satu titik," katanya.

Karena itu, keberadaan iklan rokok di Kota Mataram tahun ini terlihat lebih sedikit dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya."Kalaupun masih ada iklan rokok pada 'space' besar seperti di megatron, itu disebabkan karena mereka masih memiliki izin, tetapi kami sudah ingatkan jika izinya berakhir, iklan rokok tersebut tidak boleh diperpanjang," kata Kemal menambahkan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement