Selasa 26 Jul 2016 17:52 WIB

BPBD Serang Evakuasi 68 Jiwa Terjebak Longsor

Red: Andi Nur Aminah
Banjir bandang/ilustrasi
Foto: Antara
Banjir bandang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ANYER -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Banten melakukan evakuasi sebanyak 68 jiwa warga Desa Cikedung, Kecamatan Mancak yang terjebak longsor di daerah itu. "Semua warga yang terjebak longsor di perbukitan itu berhasil dievakuasi dengan selamat," kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Serang Priatna di Anyer, Selasa (26/7).

Penyelamatan warga yang terjebak longsoran tersebut, dilakukan dengan cepat agar bencana alam tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Penanganan longsor di perbukitan itu ditangani dengan hati-hati karena khawatir pergerakan tanah membahayakan. Namun, beruntung evakuasi kemanusian tersebut selamat juga tidak ada korban jiwa. "Kami melakukan evakuasi itu tentu mengedepankan penyelamatan agar tidak ada korban yang meninggal," ucapnya.

Menurut dia, longsoran tanah di Kecamatan Mancak Kabupaten Serang itu hanya di satu desa yakni Desa Cikedung. Topografi desa ini adalah perbukitan dan pegunungan.

Lokasi di desa itu dihuni sebanyak delapan kampung dan bisa diselamatkan 68 jiwa. Untuk itu, pihaknya berharap warga yang terkena longsoran tersebut segera mengamankan ke daerah yang lebih aman.