Kamis 28 Jul 2016 08:36 WIB

Tentara Korsel Ikut Les Balet untuk Lepas Stres

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Tentara Korea mengambil les tari balet sebagai sarana melepas stres.
Foto: Youtube
Tentara Korea mengambil les tari balet sebagai sarana melepas stres.

REPUBLIKA.CO.ID, Menjaga perbatasan dengan Korea Utara adalah pekerjaan yang membuat stres bagi para tentara Korea Selatan. Akan tetapi, kini mereka sudah menemukan cara untuk mengatasi hal itu dengan cara yang tidak lazim yakni les balet.

Sepekan sekali, tentara muda dari Divisi 25 mengganti sepatu militer dengan sepatu balet. Mereka pun mengikuti kelas balet yang ditujukan untuk menghilangkan stres kala menjaga perbatasan paling ketat di dunia.

Balerina dari Balet Nasional Korea Lee Hyang Jo mulai mengajar di pangkalan militer itu sejak setahun lalu. Para tentara pun mengalami kesulitan melakukan berbagai gerakan balet dalam rangka melepas stres.

"Menjadi tentara sebenarnya sudah cukup berat. Saya pun tidak yakin apa yang bisa saya bantu di sini," ujar Lee Hyang Jo seperti dikutip dari Oddity Central, Kamis (21/7). Meski begitu, katanya, bagi para tentara dengan mempelajari balet sedikit demi sedikit mereka bisa tertawa dan memiliki waktu menyenangkan.

Sersan Kim Joo Hyeok (23 tahun) mengakui ada banyak tekanan dalam menjaga garis pertahanan terdepan negara. "Hal itu sering membuat saya was-was," kata Kim. Ia mengaku dengan balet bisa lebih menenangkan diri dan juga membangun persahabatan dengan tentara lainnya.

Tak hanya sekedar berlatih biasa, para tentara Korsel itu berani unjuk gigi pada tahun lalu. Mereka menampilkan pertunjukan Swan Lake karya Tchaikovsky. Tahun ini, mereka berencana membuat pertunjukan yang lebih mengagumkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement