Senin 01 Aug 2016 21:15 WIB

Puan Bertemu Wakil Perdana Menteri Cina Liu Yandong

Red: Erik Purnama Putra
Menko PMK Puan Maharani diterima Wakil Perdana Menteri RRC Liu Yandong.
Foto: ist
Menko PMK Puan Maharani diterima Wakil Perdana Menteri RRC Liu Yandong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Cina di berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, dan sosial budaya telah berkembang semakin pesat. Hubungan itu ditandai dengan meningkatnya pertemuan antara pemimpin kedua negara.  Bahkan sejak menjabat tahun 2014, Presiden Joko Widodo terhitung sudah empat kali bertemu dengan Presiden Republik Rakyat Cina (RRC) Xi Jinping.

Rentang waktu enam tahun terakhir, hubungan kerjasama Indonesia dan Cina telah menghasilkan setidaknya 60 kesepakatan, 20 di antaranya merupakan kesepakatan kerja sama hubungan antarmasyarakat kedua negara (people to people exchange).

Setelah pada pertemuan pertama High Level People to People Exchange Mechanism di Jakarta pada Mei 2015, berjalan dengan sukses dan telah menghasilkan sejumlah kerjasama konkret kedua negara, pada awal Agustus 2016 ini pertemuan serupa untuk kedua kalinya digelar di Guiyang, Cina, Senin (1/8).

Menko PMK Puan Maharani yang memimpin delegasi RI terdiri atas Menristek Dikti, Dubes RI untuk RRC, para deputi kementerian, dan jajaran eselon I kementerian bertemu dengan Wakil Perdana Menteri RRC Liu Yandong.