Rabu 03 Aug 2016 13:22 WIB

Makassar dan DKI Jakarta Jadi Percontohan Penelitian Perubahan Iklim

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Hazliansyah
 Perubahan Iklim
Foto: Reuters
Perubahan Iklim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makassar dan DKI Jakarta menjadi dua kota yang terpilih sebagai pilot project penelitian kebijakan perubahan iklim (climate change) perkotaan yang berperspektif gender. Penelitian dimotori oleh sejumlah aktivis perempuan yang tergabung dalam berbagai organisasi yang fokus pada isu gender.

Mereka berkedudukan di Makassar, Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Terpilihnya Makassar dan DKI Jakarta lantaran keduanya memiliki profil yang mampu mewakili kota lainnya di Indonesia.

"Penelitian berfokus pada menggali informasi dan membaca beberapa dokumen yang berhubungan dengan perubahan iklim, gender, kebijakan, dan program pemerintah," ujar perwakilan dari Solidaritas Perempuan Puspa Dewi, baru-baru ini.

Metode wawancara dan diskusi digunakan untuk menemukan informasi yang berkaitan dengan fokus penelitiannya. Indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan penelitian dinilai dari alokasi dana, kebijakan, dan program pemerintah yang responsif gender.