Selasa 09 Aug 2016 07:55 WIB

Pemkot Sukabumi Ajak Warga Baca Buku di Perpustakaan

Rep: Riga Iman/ Red: Nur Aini
Mencari buku di perpustakaan (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Mencari buku di perpustakaan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI — Pemerintah Kota Sukabumi berupaya meningkatkan tingkat kunjungan warga ke perpustakaan daerah. Hal ini dilakukan sebagai upaya menggiatkan minat untuk membaca buku di tengah masyarakat.

‘’ Tahun ini kami targetkan kunjungan ke perpustakaan naik 100 persen lebih,’’ ujar Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu kepada wartawan Selasa (9/8).

Pada 2015, target kunjungan ke perpustakaan hanya sebesar 11 ribu orang. Namun, kata Nicke, seharusnya tingkat kunjungan sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah mencapai sebanyak 33 ribu per tahun. Pencapaian target ini sebagai salah satu indikator meningkatnya minat baca masyarakat.

Menurut Nicke, ke depan masyarakat dapat menganggap membaca adalah suatu kebutuhan. Sehingga harapannya mereka dapat menuju ke perpustkaan untuk membaca buku. Untuk menarik minat baca ujar Nicke, perpustakaan daerah di Sukabumi sudah melakukan sejumlah langkah. Contohnya dengan membangun gedung yang nyaman dan lebih besar daripada sebelumnya.

Selain itu, kata Nicke, koleksi buku di perpustakaan daerah juga cukup banyak mencapai sekitar 70 ribu eksemplar. Namun, ribuan buku tersebut belum semuanya dikeluarkan karena keterbataan ruangan. Di gedung perpustakaan juga dilengkapi dengan sarana internet bagi para pengunjung.

Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz menambahkan, pemkot berupaya menggenjot minat baca di kalangan masyarakat. ‘’Caranya dengan mengajak pelajar dari mulai TK hingga perguruan tinggi untuk membaca buku referensi,’’ ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement