Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

 

17 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pemkot Sukabumi Ajak Warga Baca Buku di Perpustakaan

Selasa 09 Aug 2016 00:55 WIB

Rep: Riga Iman/ Red: Nur Aini

Mencari buku di perpustakaan (ilustrasi).

Mencari buku di perpustakaan (ilustrasi).

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI — Pemerintah Kota Sukabumi berupaya meningkatkan tingkat kunjungan warga ke perpustakaan daerah. Hal ini dilakukan sebagai upaya menggiatkan minat untuk membaca buku di tengah masyarakat.

 

‘’ Tahun ini kami targetkan kunjungan ke perpustakaan naik 100 persen lebih,’’ ujar Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu kepada wartawan Selasa (9/8).

Pada 2015, target kunjungan ke perpustakaan hanya sebesar 11 ribu orang. Namun, kata Nicke, seharusnya tingkat kunjungan sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah mencapai sebanyak 33 ribu per tahun. Pencapaian target ini sebagai salah satu indikator meningkatnya minat baca masyarakat.

Menurut Nicke, ke depan masyarakat dapat menganggap membaca adalah suatu kebutuhan. Sehingga harapannya mereka dapat menuju ke perpustkaan untuk membaca buku. Untuk menarik minat baca ujar Nicke, perpustakaan daerah di Sukabumi sudah melakukan sejumlah langkah. Contohnya dengan membangun gedung yang nyaman dan lebih besar daripada sebelumnya.

Selain itu, kata Nicke, koleksi buku di perpustakaan daerah juga cukup banyak mencapai sekitar 70 ribu eksemplar. Namun, ribuan buku tersebut belum semuanya dikeluarkan karena keterbataan ruangan. Di gedung perpustakaan juga dilengkapi dengan sarana internet bagi para pengunjung.

Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz menambahkan, pemkot berupaya menggenjot minat baca di kalangan masyarakat. ‘’Caranya dengan mengajak pelajar dari mulai TK hingga perguruan tinggi untuk membaca buku referensi,’’ ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile