Ahad 14 Aug 2016 13:34 WIB

Serangan Drone AS Tewaskan Pemimpin ISIS di Afghanistan

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Pimpinan ISIS Hafiz Saeed Khan.
Foto: nbcnews.com
Pimpinan ISIS Hafiz Saeed Khan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) untuk Pakistan dan Afghanistan dilaporkan tewas, dalam serangan udara pesawat tak berawak miliki Amerika Serikat (AS), Jumat (12/8)

Pemimpin kelompok militan di dua negara tersebut diketahui bernama Hafiz Saeed Khan. Kematiannya menjadi pukulan bagi ISIS, yang belakangan mencoba memperluas wilayah kekuasaan di luar Irak dan Suriah.

Tewasnya salah satu pimpinan kelompok teroris oleh AS kali ini menjadi yang kedua kalinya dalam beberapa bulan terakhir. Pada Mei lalu, serangan pesawat tak berawak negara itu menewaskan pemimpin Yaliban Afghanistan Mullah Akhtar Mansour.

Meski demikian, peperangan di Afghanistan yang berlangsung selama 15 tahun nampaknya belum akan selesai. AS melaporkan pasukan negara itu kehilangan sekitar lima persen wilayah pada tahun ini. Taliban juga mengancam pada Agustus akan merebut dua provinsi yaitu Helmand dan Kunduz.

Sementara itu, ISIS di Afghanistan memiliki basis tepatnya di Provinsi Nangarhar, yang berbatasan dengan Pakistan. Beberapa pekan lalu, kelompok itu mengklaim telah melakukan serangan dalam sebuah reli di ibu Kota Afghanistan, Kabul dan menewaskan lebih dari 80 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement