Senin 15 Aug 2016 21:32 WIB

In Picture: Jokowi Kukuhkan Paskibraka Nasional

.

Rep: Yudhi Mahatma/ANTARA/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Presiden Joko Widodo (kanan) secara simbolis mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2016 yang akan bertugas dalam upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-71 RI di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8). (FOTO : Antara/ Yudhi Mahatma)

Menpora Imam Nachrawi (tengah) bersama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2016 yang akan bertugas dalam upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-71 RI berfoto seusai upacara pengukuhan di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8). (FOTO : Antara/ Yudhi Mahatma)

Menpora Imam Nachrawi (tengah) bersama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2016 yang akan bertugas dalam upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-71 RI berswa foto seusai upacara pengukuhan di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8). (FOTO : Antara/ Yudhi Mahatma)

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2016 asal Aceh Cut Aura Maghfirah dipeluk ibundanya seusai upacara pengukuhan yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8). (FOTO : Antara/ Yudhi Mahatma)

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2016 asal Sulawesi Barat Ade Yuliana mencium bendera Merah Putih saat upacara pengukuhan yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8). (FOTO : Antara/ Yudhi Mahatma)

Presiden Joko Widodo (kanan) memimpin upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2016 yang akan bertugas dalam upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-71 RI di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8). (FOTO : Antara/ Yudhi Mahatma)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap menjelang peringatan Detik Proklamasi di Jakarta, Puluhan anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) perwakilan dari setiap propinsi dilantik menjadi anggota Paskibraka Nasional. Mereka menjadi tim elit yang mewakili paskibraka daerah masing-masing. Dan menjadi hal ini kebanggaan besar bagi setiap anggota paskibraka yang dilantik. 

 

Malam ini Presiden Joko Widodo mengukuhkan 67 (dari sedianya 68) Paskibra dari seluruh propinsi Indonesia. Mereka akan menjadi pasukan yang mengibarkan bendera pusaka merah putih di Istana Merdeka, Jakarta.Pengukuhan anggota Paskibra malam ini terasa unik.Karena pada saat yang sama terjadi 2 peristiwa berbeda tapi serupa. Dua orang yang dianggap memiliki dua kewarganegaraan diputuskan nasibnya malam ini.

 

Gloria Natapradja Hamel anggota paskibra asal Jawa Barat batal dilantik karena dianggap memiliki paspor Perancis karena sang ayah yang asli Perancis. Sementara Menteri ESDM yang baru dilantik Arcandra Thahar diberhentikan dari tugasnya karena memiliki Paspor Amerika Serikat.Serupa tapi tak sama. Gloria  tak sempat menginjakkan kakinya di Istana untuk dilantik. Namun Arcandra sempat dilantik dan diambil sumpahnya sebagai pejabat negara.

sumber : Antara Foto
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement