Kamis 18 Aug 2016 15:44 WIB

Menlu Pastikan Dua WNI Bebas dari Abu Sayyaf

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Angga Indrawan
Menlu Retno LP Marsudi.
Foto: Antara/Subekti
Menlu Retno LP Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan ada dua Warga Negera Indonesia (WNI) yang bebas dari kelompok Abu Sayyaf. Dua WNI tersebut teridentifikasi bernama Sofyan dan Ismail. 

Menlu menjelaskan, ia pertama kali mendapat kabar bebasnya Sofyan pada Rabu (17/8) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Saat itu, posisi Sofyan masih berada di Sulu, Filipina. Kemudian, pada sore harinya ia sudah berada Zamboanga, Filipina. Menurut Retno, tim dari KBRI Manila dan KJRI Davao saat ini tengah melakukan pendampingan pada Sofyan. 

Adapun Ismail, sambung Retno, saat ini masih berada di Sulu, Filipina. Ismail akan segera diberangkatkan menuju Zamboanga sore ini. Retno belum dapat menjelaskan kronologi peristiwa bebasnya dua WNI tersebut. Sebab, ia masih harus menunggu tim dari Kemenlu yang tengah melakukan proses penghimpunan informasi dari Sofyan dan Ismail. Tim itu pula yang akan mempersiapkan proses pemulangan keduanya kembali ke Tanah Air. 

"Setelah informasi kita peroleh semuanya, tentu kita persiapkan proses pemulangan," kata Retno, usai menyampaikan laporan rutinnya ke Presiden Jokowi di Istana, Kamis (18/8). Dengan demikian, masih ada sembilan WNI lagi yang menjadi sandera kelompok Abu Sayyaf. Menlu memastikan pihaknya terus bekerja untuk mengupayakan pembebasan semua WNI yang masih disandera.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَدْ نَزَّلَ عَلَيْكُمْ فِى الْكِتٰبِ اَنْ اِذَا سَمِعْتُمْ اٰيٰتِ اللّٰهِ يُكْفَرُ بِهَا وَيُسْتَهْزَاُ بِهَا فَلَا تَقْعُدُوْا مَعَهُمْ حَتّٰى يَخُوْضُوْا فِيْ حَدِيْثٍ غَيْرِهٖٓ ۖ اِنَّكُمْ اِذًا مِّثْلُهُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ جَامِعُ الْمُنٰفِقِيْنَ وَالْكٰفِرِيْنَ فِيْ جَهَنَّمَ جَمِيْعًاۙ
Dan sungguh, Allah telah menurunkan (ketentuan) bagimu di dalam Kitab (Al-Qur'an) bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari dan diperolok-olokkan (oleh orang-orang kafir), maka janganlah kamu duduk bersama mereka, sebelum mereka memasuki pembicaraan yang lain. Karena (kalau tetap duduk dengan mereka), tentulah kamu serupa dengan mereka. Sungguh, Allah akan mengumpulkan semua orang-orang munafik dan orang-orang kafir di neraka Jahanam,

(QS. An-Nisa' ayat 140)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement