Ahad 04 Sep 2016 07:58 WIB

Bandung akan Bangun Skywalk untuk Pejalan Kaki di Cihampelas

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nur Aini
Pejalan kaki sedang menyeberang jalan. (ilustrasi)
Foto: Republika
Pejalan kaki sedang menyeberang jalan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung (DBMP), tahun ini akan menyelesaikan pembangunan skywalk di Cihampelas. Menurut Kepala Bidang Perencanaan, Lisa Surya Lestari, DBMP optimistis pada Desember 2016 Proyek Skywal sudah selesai dibangun. Nilai proyek ini, sebesar Rp 45 miliar.

“Skywalk sudah dimulai dengan pelaksanaan pengerjaan design and build atau Perencanaan sekaligus pembangunan," ujar Lisa kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Menurut Lisa, bulan ini pengadaan skywalk tersebut sudah mulai kontrak. Anggaran proyek ini, seluruhnya murni dari APBD (Anggaran Perencanaan dan Belanja Daerah) Kota Bandung. Skywalk ini, ditarget menjadi icon di Kota Bandung bahkan di Indonesia. “Total nilai proyek sebesar Rp 45 miliar," katanya.

Panjang jalan skywalk, kata dia, 500 meter dan tinggi 5,6 meter diatas jalan utama. Sedangkan lebarnya, nantinya akan lebih lebar sedikit atau sama dengan jalan raya di bawahnya. Skywalk ini dibangun, kata dia, untuk memperindah dan menata Cihampelas sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Bandung yang cukup ramai dikunjungi. Skywalk ini pun, menjadi  sarana pedestrian bagi pejalan kaki yang bedanya berada diatas jalan utama untuk kendaraan.

“Sebenarnya pada fungsinya sama dengan trotoar tetapi skywalk berada di atas jalan kendaraan bermotor dan mobil, sehingga nantinya wisatawan yang berjalan kaki bisa berbelanja dan melancong tanpa harus mengganggu lalu lintas,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement