Selasa 06 Sep 2016 17:13 WIB

BMA Sediakan Beasiswa Tahfiz Alquran

Red: Agung Sasongko
Alquran
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Baitul Mal Aceh (BMA) menyiapkan beasiswa berkelanjutan siswa/santri Tahfidz Al Quran kepada 440 anak dari keluarga kurang mampu di provinsi setempat.

"Program beasiswa yang diselenggarakan untuk menumbuhkan semangat menghafal Quran di kalangan pemuda-pemudi Aceh telah dibuka dan bagi yang berminat dapat segera mendaftarkan diri," kata Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan program beasiswa yang berkelanjutan tersebut diberlaku seluruh kabupaten/kota di Aceh dan bagi yang memenuhi syarat dapat mendaftarkan langsung ke kantor Baitul Mal Aceh, Banda Aceh.

"Syarat utama dari calon penerima beasiswa ini harus dari keluarga kurang mampu, karena dana yang diberikan ini merupakan dana zakat," katanya.

Calon yang akan menerima beasiswa tersebut sudah mampu menghafal minimal 10 juz dan yang bersangkutan tidak sedang menerima bantuan yang sama dari lembaga lainnya.

Armiadi menjelaskan yang membedakan program beasiswa ini dengan program beasiswa Penuh Tahfidz tingkat SLTP dan SLTA, bahwa program ini penerimanya seluruh Aceh.

Selanjutnya penerima boleh dari pesantren manapun, termasuk yang menghafal sendiri di rumah, namun mereka harus melampirkan rekomendasi pembimbing mereka.

Baitul Mal Aceh menetapkan kuota untuk beasiswa tersebut sebanyak 440 orang dan mereka yang memenuhi syarat nantinya akan diberikan beasiswa sebesar Rp700 ribu per bulan selama dua tahun.

"Jika zakat di Baitul Mal Aceh terus bertambah, maka program-program seperti ini terus ditambah jumlah penerimanya. Khusus untuk program ini Baitul Mal Aceh menganggarkan dana sebesar Rp3,6 miliar," katanya.

Ia mengatakan program beasiswa yang dilakukan lembaga tersebut merupakan bentuk dari perhatian pemerintah dalam melahirkan dan mendukung generasi qurani demi masa depan Aceh yang lebih baik.

Armiadi menambahkan untuk informasi lebih lengkap calon peserta dapat menghubungi call centre Baitul Mal Aceh: 0811 689 5050 dan untuk formulir pendaftaran dapat dibuka di situs resmi Baitul Mal Aceh di www.baitulmal.acehprov.go.id.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِيْنَ مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ وَالَّذِيْنَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلٰثَ مَرّٰتٍۗ مِنْ قَبْلِ صَلٰوةِ الْفَجْرِ وَحِيْنَ تَضَعُوْنَ ثِيَابَكُمْ مِّنَ الظَّهِيْرَةِ وَمِنْۢ بَعْدِ صَلٰوةِ الْعِشَاۤءِۗ ثَلٰثُ عَوْرٰتٍ لَّكُمْۗ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌۢ بَعْدَهُنَّۗ طَوَّافُوْنَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ عَلٰى بَعْضٍۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Hendaklah hamba sahaya (laki-laki dan perempuan) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig (dewasa) di antara kamu, meminta izin kepada kamu pada tiga kali (kesempatan) yaitu, sebelum salat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari, dan setelah salat Isya. (Itulah) tiga aurat (waktu) bagi kamu. Tidak ada dosa bagimu dan tidak (pula) bagi mereka selain dari (tiga waktu) itu; mereka keluar masuk melayani kamu, sebagian kamu atas sebagian yang lain. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat itu kepadamu. Dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. An-Nur ayat 58)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement