Rabu 07 Sep 2016 09:43 WIB

DPR: Kerja Intelijen Masih Terbentur Ego Sektoral

Red: Esthi Maharani
Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin.
Foto: Republika/Wihdan
Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) baru harus mampu mengintensifkan fungsi koordinasi intelijen sesuai dengan amanat UU nomor 17 tahun 2011 tentang Intelijen Negara.

"Kepala BIN yang baru harus lebih mengintensifkan fungsi koordinasi intelijen karena itu penting merangkus seluruh informasi komponen intelijen," katanya di Jakarta.

Dia menjelaskan BIN sesuai UU Intelijen Negara menjadi koordinator seluruh komponen intelijen di Indonesia. Menurut dia, UU itu memang baru sekitar lima tahun diberlakukan namun fungsi koordinator intelijen harus bisa dijalankan agar produk intelijen akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Diharapkan dengan fungsi koordinasi intelijen itu, produk intelijen bisa akurat dan dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Politikus PDIP itu mengatakan selama ini kerja intelijen masih terjadi ego sektoral antarinstitusi sehingga kepemimpinan Kepala BIN yang baru nantinya harus bisa meningkatkan koordinasi. Hal itu, menurut dia, sangat penting sehingga kerja intelijen berjalan efektif dan efisien serta tidak terjadi lagi ego sektoral sehingga menghasilkan informasi intelijen yang akurat.

"Selama ini koordinasi intelijen sudah berjalan namun harus diakui masih ada ego sektoral karena itu Kepala BIN yang baru bisa meningkatkan kerja intelijen agar lebih efektif dan efisien," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement