Selasa 13 Sep 2016 07:26 WIB

Fakta Unik tentang Penulis Roald Dahl

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Roald Dahl
Foto: Express
Roald Dahl

REPUBLIKA.CO.ID,  Penulis Roald Dahl lahir seratus tahun yang lalu tepatnya di Llandaff, Inggris, pada 13 September 1916. Berikut tujuh fakta unik pencipta buku The Big Friendly Giant (The BFG) yang kini difilmkan dan telah rilis di bioskop Indonesia.

Road Dahl lahir dari orang tua berkebangsaan Norwegia. Namanya diambil dari penjelajah kutub asal Norwegia, Roald Amundsen.

Hari kelahiran Dahl bertepatan dengan hari cokelat sedunia yang mungkin berkaitan dengan salah satu karyanya, Charlie And The Chocolate Factory. Meskipun, tanggal 13 September juga adalah hari ulang tahun Milton Hershey, pendiri Hershey Chocolate Co.

Dahl telah menulis banyak buku anak-anak seperti James and The Giant Peach, Matilda, dan karya favorit lain. Ia juga penulis skenario You Only Live Twice dan Chitty Chitty Bang Bang.

Dahl memiliki tempat favorit saat menulis yakni sebuah pondok di kebunnya. Ia punya jadwal menulis rutin sejak pukul 10.00 hingga tengah hari dan berlanjut pukul 16.00 sampai 18.00.

Ketika meninggal pada 1990, Dahl dimakamkan bersama barang-barang pribadi yang mencerminkan kesukaannya. Beberapa benda-benda itu termasuk pensil, cokelat, tongkat biliar, beberapa setelan berwana burgundy, dan gergaji listrik.

Dahl menciptakan banyak kata baru seperti Snozzwanger dan Frobscottle. Namun, hanya ada satu kata di Oxford Dictionary yang dianggap berasal darinya yaitu Oompa Loompa atau orang yang pendek.

Banyaknya kosa kata unik dari karya Dahl membuat Oxford University Press (OUP) menerbitkan Oxford Roald Dahl Dictionary. Kamus tak biasa ini berisi daftar dan penjelasan kata-kata tak lazim seperti biffsquiggled, whizzpopping, ringbeller, dan trogglehumper.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement