Kamis 22 Sep 2016 23:26 WIB

BSI Bersama Aptikom Teken MoU dengan VMware

Red: Irwan Kelana
Direktur BSI Naba Aji Notoseputro  menandatangani MoU dengan VMware.
Foto: Dok BSI
Direktur BSI Naba Aji Notoseputro menandatangani MoU dengan VMware.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bina Sarana Informatika (BSI), Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (Aptikom) bersama 98 universitas dan perguruan tinggi Indonesia lainnya melakukan penandatanganan kerja sama dengan Vmware. Nota kesepahaman (MoU) tersebut ditandatangani di Jakarta, Kamis (22/09).

Kerja sama tersebut mencakup pendidikan, pelatihan dan penelitian dalam bidang teknologi virtualisasi dan cloud computing bagi mahasiswa dan staf pengajar BSI maupun 98 universitas dan perguruan tinggi Indonesia lainnya.

Menurut Ketua Dewan Penasehat Aptikom, Prof Richardus Eko Indrajit, program kerja sama Aptikom bersama BSI dan 98 universitas dan perguruan tinggi Indonesia lainnya telah berjalan, namun MoU baru ditandatangani  Kamis (22/09/2016). “Kerja sama ini termasuk pengadaan fasilitas cloud untuk pembelajaran online jenjang S2 di beberapa universitas,”  ungkap Eko Indrajit.

Eko menambahkan,  kendala yang dihadapi Aptikom dan universitas di Indonesia saat ini, yaitu tidak adanya fasilitas riset dan pembelajaran mengenai cloud computing untuk mahasiswa dan Indonesia.