Jumat 23 Sep 2016 06:07 WIB

Ini Respons SBY Soal Pengusungan Agus Harimurti Jadi Cagub

Rep: Santi Sopia/ Red: Hazliansyah
Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berbincang sebelum rapat konsolidasi di kedimanan SBY, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, (21/9).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berbincang sebelum rapat konsolidasi di kedimanan SBY, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, (21/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak terlihat di acara jumpa pers Koalisi Cikeas terkait pengusungan pasangan Agus Harimurti Bambang Yudhoyono dan Sylviana Murni sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 di kediamannya di Cikeas, Bogor, Jumat (23/8) dini hari.

Meski begitu, menurut Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Syarief Hasan, SBY telah merestui keputusan koalisi maupun Agus sebagai putra sulungnya tersebut. "Beliau (SBY) ada. Tidak ikut jumpa pers karena ini domain para koalisi. Soal pengusungan, beliau tidak bilang iya atau tidak, itu diserahkan sendiri keputusan seluruhnya pada anaknya," kata Syarief.

Dia juga mengaku belum mengetahui lebih jauh terkait percakapan keduanya. Hanya, menurut Syarief, SBY mendukung penuh jika pengusungan ini merupakan keputusan sepakat koalisi. "Kalau saran yang diberikan beliau, saya tidak mengikuti, itu antara bapak dan anak," ujarnya.

Koalisi Kekeluargaan yang terdiri dari empat Parpol, yakni PAN, PKB, PPP dan Partai Demokrat resmi mengusung Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni sebagai pasangan Cagub-Cawagub dalam DKI Jakarta 2017. Keduanya dinilai poros Cikeas sebagai pasangan ideal, baik dari segi usia, pengalaman karier bahkan gender.

Agus saat ini masih aktif di TNI dengan pangkat Mayor Infanteri dan menjabat Danyonif Mekanis 203/Arya Kemuning. Sedangkan Sylviana merupakan birokrat senior Pemprov DKI Jakarta yang sekarang menduduki jabatan Deputi Gubernur DKI Bidang Kepariwisataan dan Kebudayaan. Rencananya, pendaftaran keduanya ke KPUD dilakukan pukul 19.00 WIB nanti.

"Pasangan ini sudah minta izin sama atasan masing-masing untuk mengikuti proses pencalonan, makannya setelah selesai semua baru kita umumkan dini hari seperti ini, karena melalui proses cukup panjang," katanya menambahkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement