Selasa 27 Sep 2016 23:21 WIB

Warga Medan Ini Mengaku Temukan Obat HIV

Red: Teguh Firmansyah
HIV/AIDS. Ilustrasi
Foto: .
HIV/AIDS. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN --  Seorang warga Kota Medan, Sumatera Utara, Parlin Sihotang mengklaim telah menemukan ramuan penyembuh penyakit kronis termasuk bagi penderita HIV.

Parlin kepada wartawan di gedung DPRD Sumut di Medan, Selasa mengatakan ramuan tersebut merupakan produk bioteknologi fermentasi yang disebut "E-12".

Ramuan tersebut dibuat dari ekstrak buah yang difermentasikan sehingga menjadi obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kronis.

Selain HIV, ramuan tersebut juga diklaimnya dapat menyembuhkan penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan kecanduan terhadap narkoba.

Parlin Sihotang mengaku mendapatkan ide membuat ramuan tersebut setelah menyelesaikan S-2 dalam sumber pengelolaan lingkungan di Universitas Sumatera Utara (USU). Ia menyebut ramuan tersebut telah diuji coba di laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB), Kementerian Lingkungan Hidup, dan laboratorium kesehatan pada tahun 2014.

"Hasilnya, ecoli sama dengan nol, zat berbahaya dalam tubuh hilang karena ketika ramuan itu masuk dalam tubuh, langsung mencari bakteri yang berbahaya," katanya.

Baca juga,  Ngawi Catat 39 Kasus Baru HIV/AIDS.

Pengakuan Parlin belum terkonfirmasi baik oleh pihak IPB maupun Kementerian Lingkungan Hidup.  Namun di lapangan, tak sedikit pengobatan tradisional yang mengaku-aku bisa menyembuhkan penyakit berat. Namun hasilnya, nihil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement