Jumat 30 Sep 2016 23:04 WIB

In Picture: Momen PON XIX 2016: Hijab

.

Rep: Rakhmawaty La'lang/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Cut Risna Arita (Aceh), Anggar (FOTO : Republika/Rakhmawaty La'lang)

Frapti Tri Setiawati (Jatim), Medali Perungu Angkat Besi, (FOTO : Republika/Rakhmawaty La'lang)

Badi'ul Lailatun Nazzah (Bali), Panjat Dinding (FOTO : Republika/Rakhmawaty La'lang)

(dari kiri) Badi, Gina Tri Lestari, dan Lutfi Nurhasanah (Jabar), Medali Emas Pencak Silat (FOTO : Republika/Rakhmawaty La'lang)

Febina Firiani (Jabar), Softball (FOTO : Republika/Rakhmawaty La'lang)

Sofiana Dian Islamiaty (kiri) dan Sarah Safira (kanan) (DKI), Shorinji Kempo (FOTO : Antara/Akbar Nugroho Gumay)

(dari Kiri) Annur Amalia El Islamy, Saadah, Rayhan Jannatain Ainani Uno, Ika Oktaviani, Annisa Sharafina (DKI), Medali Emas Hoki Indoor (FOTO : Republika/Rakhmawaty La'lang)

Bunga Arbela (Jatim), Medali Emas Panahan. (FOTO : Antara/Sigid Kurniawan)

Dewi Laila Mubarokah (Jabar), Medali Emas Menembak (FOTO : Antara/Yusran Uccang)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang perempuan bukan berarti hanya berurusan dengan hal kecantikan serta hal berbau domestik alias rumah tangga. Cukup banyak perempuan yang menujukkan kemampuan mereka dalam bersaing dalam beragam ajang olah raga, salah satunya dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional XIX Jabar.

Tak sedikit dari atlet indonesia yang mengenakan hijab saat beraksi di arena. Mereka tampak energik dan disatu sisi memakau dengan hijab yang mereka kenakan. bahkan tak jarang dari mereka bahkan berhasil memperoleh mendali emas mewakili daerah asalnya. 

"Menurut aku sih lebih aman,aku kan main anggar ketika ketusuk-tusuk kan (kadang) kena leher, dengan adanya jilbab ketutup bisa //save// buat kita sendiri. Karena dalam agama kita sendiri kan meminta kita untuk berjilbab" ujar Cut Risna Arita salah satu atlet anggar perwakilan Provinsi Aceh.

 

 

Penggunaan hijab pada atlet tidak terbatas pada olahraga yang minim gerakan. Cabang-cabang olahraga yang memuliki gerakan dinamis, atlet-atlet berhijab tetap dapat berkiprah. Panjat tebing yang menggabungkan kelenturan dan kekuatan tubuh. Sepak takraw dengan gerakan akrobatiknya. Bahkan cabang olahraga beladiri gerakan explosif memukul, menendang, hingga bantingan beberapa atletnya masih tetap berhijab.

 

Dengan balutan kostum yang disesuaikan dengan hijab, mereka membuktikan bahwa menjalankan perintah agama tidak menghalangi mereka untuk tampil maksimal bersaing dalam menoreh prestasi dalam bidang olah raga profesional.n ed: yogi ardhi

sumber : Republika
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement