Rabu 05 Oct 2016 01:48 WIB

Wiranto: Waspadai Aliran Dana untuk Terorisme

Red: Esthi Maharani
Menkopolhukam Wiranto
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Menkopolhukam Wiranto

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan pentingnya mewaspadai aliran uang untuk pembiayaan terorisme dan transaksi narkoba. Ia menduga jaringan terorisme dan narkoba sudah semakin meluas.

"Kita waspadai betul aliran dana yang benar-benar berasal dari peredaran narkoba dan yang mengalir untuk terorisme dan itu harus diwaspadai betul karena jaringan itu cukup luas. Kita tahu bahwa aksi-aksi seperti itu tanpa biaya kan tidak mungkin bisa dilakukan ya," kata Wiranto di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, Selasa (5/10).

Menko Polhukam Wiranto membuka Rapat Kerja Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangaan (PPATK) 2016 pada Selasa (4/10). Dia mengatakan rapat kerja itu membahas tentang upaya yang sudah dilakukan PPATK terutama dalam menghadapi aliran dana yang digunakan untuk terorisme dan transaksi narkoba. Wiranto menuturkan PPATK sudah bisa melakukan suatu deteksi yang cukup akurat dalam mengidentifikasi aliran dana untuk terorisme dan transaksi narkoba.

"Jadi kita waspadai betul, bukan hanya aksi fisiknya bagaimana atau katakanlah bukan hanya kita waspadai pendekatan intelijen mengenai paham yang meracuni para petindak terorisme itu tapi dananya juga harus kita tahu," tuturnya.

Wiranto mengatakan rapat kerja itu juga dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh kementerian dan lembaga terkait juga harus tahu masalah aliran dana yang mendukung terorisme dan peredaran narkoba itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement