Rabu 05 Oct 2016 17:44 WIB

Pertamina Tangani Rembesan Minyak Mentah di Jalur Pipa Minyak Cikedung

Rep: Frederikus Bata/ Red: Budi Raharjo
Petugas PT Pertamina EP Asset 3 memeriksa pipa minyak di Stasiun Pengumpul Utama A, Jatibarang, Jawa Barat.   (Republika/Raisan Al Farisi)
Petugas PT Pertamina EP Asset 3 memeriksa pipa minyak di Stasiun Pengumpul Utama A, Jatibarang, Jawa Barat. (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, Indramayu –- Tim Penanggulangan Keadaan Darurat PT Pertamina EP Jatibarang Field menindaklanjuti laporan adanya rembesan minyak yang terjadi di jalur pipa minyak di Desa Amis, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu pada Rabu (05/10). Rembesan minyak disinyalir disebabkan oleh adanya retakan atau cracked pada pipa minyak yang menyambungkan Stasiun Pengumpul Minyak TGB ke Stasiun Pengumpul Utama Cemara.

"Pagi tadi kami menerima informasi perihal adanya rembesan minyak di jalur pipa kami, dan tim kami segera melakukan penanganan berupa perbaikan pipa di lokasi. Terkait korban pengendara motor yang terkena luka bakar atas nama Bapak Duljalil berusia 55 tahun saat ini sedang dalam penanganan UGD RS PMC Indramayu, " kata Yosi Ardila, Asset 3 Legal Relation Manager.

Yosi menjelaskan untuk penanggulangan rembesan minyak dan lokalisir tempat kejadian saat ini sudah berhasil ditangani oleh tim HSSE dan Onshore Production Operation Pertamina EP Jatibarang Field. "Korban beserta kendaraannya yang terbakar langsung dapat dipadamkan dan telah dilakukan perbaikan pada pipa dengan pemasangan klem pipa. Saat ini sedang dilakukan pembersihan ceceran minyak di sekitar lokasi," ujarnya.

Terkait dengan kerugian yang teridentifikasi dari kejadian adalah satu orang korban luka bakar, satu buah sepeda motor, dan kebun tebu. Saat ini, kata Yosi, masih dalam proses perhitungan untuk luasannya.

"Tim Pertamina EP Jatibarang Field sedang melakukan koordinasi penanggulangan kejadian antara Pertamina EP dan pihak-pihak terkait setempat, termasuk Camat dan Polsek. Pendampingan keluarga korban dilakukan Humas Pertamina EP Jatibarang di RS PMC Indramayu. Selanjutnya korban akan dibawa ke RS Pertamina Cirebon untuk mendapatkan perawatan agar segera pulih", ujarnya menjelaskan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement