REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Upaya mencintai serta menghargai produk dalam negeri, Dinas Koperasi UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok turut meriahkan kegiatan Pameran, Seminar dan Kongres “Beli Indonesia” yang diselenggarakan oleh Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) di Smesco Building Jakarta selama tiga hari, 3-5 Oktober 2016.
"Acara ini menginspirasi perlunya gerakan bela dan beli produk lokal Kota Depok. Karena produk-produk UMKM Kota Depok tidak kalah kualitasnya dengan produk-produk daerah lain," ujar Kepala DKUP M Fitriawan, di Balai Kota Depok, (6/10).
Menurut Fitriawan, kegiatan yang juga disebut sebagai Gerakan Bela dan Beli Indonesia tersebut turut dimeriahkan oleh pengusaha UMKM Depok dengan berbagai produk-produk lokal seperti sprei, hasil tani, aneka minuman, makanan ringan dan lain-lain. Selain itu, kegiatan tersebut diikuti oleh 60 stand se-nasional dan Kota Depok menjadi salah satu pengisi dari stand tersebut.
"Membeli produk Indonesia. Kita membeli bukan karena produk lebih baik, bukan karena lebih murah tetapi karena milik bangsa sendiri. Membela bangsa Indonesia. Kita memiliki sikap jelas dalam pembelaan, membela martabat bangsa, membela kejayaan bangsa. Menghidupkan semangat persaudaraan. Kita lahir sebagai sesama anak bangsa harus makin mengakrabkan antar kita supaya makin kuat. Begitu kira-kira tujuan dari kegiatan ini,” jelasnya.
Ketua Delegasi Depok, Acep Al Azhari, menyatakan rasa bangganya terhadap keikutsertaan UMKM Depok dalam memeriahkan kegiatan bertaraf Nasional tersebut. Hal ini membuktikan eksistensi yang dimunculkan oleh UMKM Depok.
"Masih banyak produk-produk terbaik Kota Depok yang layak untuk dikonsumsi maupun digunakan dalam berbagai kebutuhan sehari-hari," kata Acep.