Jumat 07 Oct 2016 01:45 WIB

Mendikbud Apresiasi Peran Masyarakat Papua dalam Majukan Pendidikan

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Winda Destiana Putri
Muhadjir Effendy
Foto: dokrep
Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengapresiasi peran serta masyarakat dalam memajukan pendidikan di daerah Indonesia bagian timur. Menurut dia, tanggung jawab guru merupakan hal cukup penting.

"Saya apresiasi upaya pemerintah dan masyarakat dalam memajukan pendidikan di Papua," kata Muhadjir saat mengunjungi beberapa satuan pendidikan di Kabupaten Merauke, Propinsi Papua, Kamis (6/10).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Muhadjir juga berkesempatan meninjau sekolah pencetak guru Kolese Pendidikan Guru (KPG) Papua di Kabupaten Merauke. Dalam kesempatan tersebut, Mendikbud menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ihwal pentingnya pendidikan karakter pada pendidikan dasar, yakni tingkat SD dan SMP.

Muhadjir menyampaikan upaya pemerintah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Ia menyebut, seorang guru harus memiliki tiga keahlian, yaitu keahlian sebagai pendidik, tanggung jawab sosial, serta semangat kesejawatan.