Jumat 07 Oct 2016 10:35 WIB

NU Dukung Calon Gubernur DKI yang Paling Banyak Kesamaan

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Nur Aini
Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni Bersilaturrahmi ke PBNU, Jumat (7/10)
Foto: Rahmat Fajar/Republika
Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni Bersilaturrahmi ke PBNU, Jumat (7/10)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Ma'ruf Amin mengatakan, secara kelembagaan NU tidak bisa mendukung salah satu calon pada Pilkada DKI Jakarta. Namun, ia mengatakan pihaknya akan mendukung calon yang paling banyak kesamaan dengan NU.

Ma'ruf menyebut, NU akan mendukung calon yang seagama. Kemudian, NU juga akan mendukung dengan warna agama yang sama. "Artinya madzhab agamanya, NU Aswajanya," kata Ma'ruf, saat menerima kunjungan pasangan Cagub-Cawagub Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, di Kantor PBNU, Jakarta, Jumat (7/10).

Di samping itu, NU akan mendukung calon yang memiliki program membela rakyat dan mensejahterakan rakyat, termasuk calon pemimpin dengan penampilan santun. "Tidak keras, tidak galak," kata Ma'ruf.

Ma'ruf yang juga sebagai ketua umum Majlis Ulama Indonesia (MUI) itu melihat pasangan Agus-Sylviana memiliki banyak kesamaan dengan NU dibandingkan calon lainnya. Karena itu, Ma'ruf meyakini warga NU akan memilih calon yang memiliki banyak kesamaan.

"Karena itu kami mendoakan, dukungan kelembagaan tidak, tapi keummatan," Ma'ruf.

Baca juga: Agus-Sylviana Minta Petuah PBNU untuk Maju Pilgub DKI

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ
Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam.

(QS. Al-A'raf ayat 54)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement