Jumat 07 Oct 2016 11:33 WIB

Siswa SMK Muhammadiyah Kudus Juara I CNAN Asia Pacific and Japan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
  Seorang siswa SMK Muhammadiyah membersihkan panel tenaga surya. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Ari Bowo
Seorang siswa SMK Muhammadiyah membersihkan panel tenaga surya. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Siswa SMK Muhammadiyah Kudus binaan Djarum Foundation menorehkan prestasi bergengsi dalam kompetisi Cisco Networking Academy NetRiders (CNAN) Asia Pasifik and Jepang 2016. Yakni, Muhammad Daanni Irsyaad siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Muhammadiyah Kudus, berhasil menjadi Juara 1 dalam kompetisi ini.

Kejuaran ini berlangsung pada 15 September 2016 ini diikuti lebih dari 400 peserta dari 9 negara. Di antaranya, Australia, Indonesia, India, Kamboja, Srilanka, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.  Setiap tahun, Cisco Networking Academy menyelenggarakan kompetisi NetRiders yang menguji keahlian siswa dalam hal teori dan praktik yang diikuti oleh siswa Cisco Academy aktif seluruh dunia.

“Harapan kami, hal ini dapat meningkatkan semangat belajar dan kepercayaan diri siswa/i kami," ujar  Program Manager Social Innovation Group - Indonesia, Adri Gautama, Jumat (7/10).

Adri yakin, siswa binaannya memiliki kemampuan dan keahlian untuk menghadapi persaingan tingkat Asia Pasifik bahkan tingkat dunia. SMK Muhammadiyah Kudus binaan Djarum Foundation juga berhasil membawa 4 siswanya untuk menduduki peringkat 10 besar.

Tidak hanya sukses merebut posisi teratas pada ajang bergengsi ini, tapi mereka juga berhasil mengungguli lawan yang datang dari perguruan tinggi terbaik se-Asia Pasifik. Hal ini menunjukan bahwa siswa SMK asal Kota Kudus mampu bersaing dengan mahasiswa setingkat perguruan tinggi se-Asia Pasifik.

Menurut Muhammad Daanni Irsyaad, Iabangga bisa menjadi juara 1, ini berkat kerja keras dari Sekolah dan keluarga dalam mendukung saya. Ia juga berterima kasih kepada Sekolah dan Djarum Foundation.

"Berkat mereka, saya dapat menjuarai perlombaan ini “ ujar Daanni, disela-sela Penyerahan Penghargaan yang dilakukan pada 6 Oktober 2016 dalam kegiatan Indonesia Academy Conference 2016 di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung.

Djarum Foundation melalui program Peningkatan Kualitas SMK,  terus berupaya meningkatkan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Salah satu jurusan yang tengah dikembangkan adalah Teknik Komputer dan Jaringan.

Saat ini baru 45 institusi setingkat SMA/SMK yang aktif menerapkan kurikulum Cisco dari total 162 institusi di seluruh Indonesia. Pada 6 Desember 2012 lalu, untuk pertama kalinya PT Cisco System Indonesia bersama dengan Djarum Foundation menerapkan Cisco Networking Academy Program (CNAP) di SMK Muhammadiyah Kudus.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement