Kamis 13 Oct 2016 04:22 WIB

Massa Berkumpul Doakan Kesehatan Raja Thailand

Red: Esthi Maharani
Warga Thailand berdoa demi kesembuhan Raja Bhumibol Adulyadej di Siriraj Hospital di Bangkok, Thailand, 11 Oktober 2016.
Foto: REUTERS/Chaiwat Subprasom
Warga Thailand berdoa demi kesembuhan Raja Bhumibol Adulyadej di Siriraj Hospital di Bangkok, Thailand, 11 Oktober 2016.

REPUBLIKA.CO.ID,BANGKOK -- Sekitar 300 orang berkumpul dan berdoa untuk kesehatan Raja Thailand di rumah sakit Siriraj, Bangkok. Sejak tiga hari lalu, kerajaan mengumumkan kondisi raja yang kurang stabil. Sementara itu, perdana menteri dikabarkan akan menemui putra mahkota.

King Bhumibol, 88 tahun, raja yang paling lama berkuasa di dunia, dihormati oleh kalangan luas di Thailand. Dalam tujuh dasawarsa kepemimpinannya, ia dianggap sebagai pemersatu. Raja kerap terlibat pada saat Thailand terancam krisis.

Pihak istana pada Ahad mengatakan kesehatan raja kurang stabil sehingga dokter merekomendasikannya untuk menunda seluruh tugas. Namun, pihak istana belum mengeluarkan pengumuman lain. Raja telah menjalani perawatan atas sejumlah penyakit di Rumah Sakit Siriraj. Ia terakhir kali terlihat di depan umum saat mengunjungi istana di ibu kota Bangkok selama beberapa jam.

Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, kepala pemerintahan militer junta, membatalkan kunjungan resminya ke wilayah timur, Provinsi Chonburi, Rabu pagi.