REPUBLIKA.CO.ID, Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan kembali menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Ajang ini diharap akan mendongkrak ekspor produk dalam negeri. Ribuan produk unggulan Indonesia ditampilkan dalam pameran dagang yang bakal dihadiri tak kurang dari 119 negara ini.
Kemendag saat ini menerapkan strategi diversifikasi pasar tujuan ekspor. Pembeli dari pasar nontradisional yang akan mendominasi arena TEI, antara lain dari Afrika dan Timur Tengah. Mereka diharapkan melakukan transaksi bisnis dan sekaligus menanamkan investasinya di Indonesia.
Pada TEI ke-31 ini Kemendag menampilkan 1.100 perusahaan nasional sebagai peserta pameran dan mendatangkan 15ribu buyer. Dari 1.100 perusahaan itu, produk unggulan ekspor akan dipamerkan di area seluas 50 ribu meter persegi yang terbagi dalam enam zonasi, yaitu manufaktur, furnitur dan dekorasi rumah, produk makanan, minuman, perikanan dan pertanian, kerajinan premium, kecantikan dan gaya hidup, industri kreatif, serta jasa dan investasi.