×

Inggris Siapkan Festival Lentera Terbesar

Rep: Shelbi Asrianti / Redaktur: Andi Nur Aminah

Senin , 17 Oct 2016, 01:13 WIB
Festival lampion (ilustrasi) Festival lampion (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Inggris tengah menyiapkan acara spektakuler Magical Lantern Festival Yorkshire. Festival lentera terbesar di Inggris tersebut bakal berlangsung mulai 25 November 2016 sampai 2 Januari 2017 di Roundhay Park, Kota Leeds.

Taman seluas 10 hektare bakal diterangi oleh 40 ribu cahaya buatan menakjubkan. Acara yang turut menggandeng mitra amal Jane Tomlinson tersebut menampilkan setidaknya 30 lentera raksasa, termasuk yang berbentuk naga dengan ukuran sepanjang tiga bus kota.

Direktur Kreatif Festival, Ian Xiang, menjamin bahwa karya-karya artistik itu akan memberikan pengalaman magis bagi pengunjung. Sebanyak 40 kelompok instalasi dengan berbagai variasi bentuk dan ukuran tersebar di tiga area taman Roundhay Park.

Xiang mengaku senang bisa mengusung festival lampion ke Leeds. Tercetusnya kegiatan bermula ketika ia kali pertama datang ke Inggris lebih dari satu dekade lalu dan menyadari negara itu belum pernah menghelat festival lampion dalam skala besar.

Xiang mengatakan sebagian besar lampion dibuat di rumahnya dan tengah dikirim dengan kapal dari Cina ke Inggris. Semua itu disebutnya bakal membuat warga Inggris turut merayakan sensasi Tahun Baru Cina.

Selain pameran lampion, akan ada berbagai hiburan, tempat kuliner terpisah, gelanggang es luar ruang, termasuk area yang menawarkan pengalaman realitas virtual. Xiang berharap, keseluruhan acara dapat dinikmati bersama oleh seluruh anggota keluarga.

"Keluarga adalah bagian penting dalam sejumlah perayaan global dan kami jadikan itu sebagai inti dari festival mendatang," katanya.

 

 
 
Play Podcast X