Kamis 27 Oct 2016 07:41 WIB

Pew: Islam Jadi Agama dengan Tingkat Pertumbuhan Tercepat

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Teguh Firmansyah
Muslim Amerika (ilustrasi)
Foto: Independent
Muslim Amerika (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Laporan Pew Research Center menyebut Islam adalah agama dengan tingkat pertumbuhan tercepat di dunia. Islam diprediksi akan menjadi agama dominan pada 2070 mendatang. Pew menyebut jumlah Muslim akan tumbuh dua kali lebih cepat di tengah pertumbuhan populasi dunia hingga 2050 mendatang.

Laporan terbaru yang dirilis Pew pekan ini mengeksplorasi perubahan yang terjadi antara 2010-2050 dari sisi ukuran dan distribusi penganut Buddha, Kristen, Hindu, Yahudi, Islam, agama lokal, agama lain, serta mereka yang tidak terafiliasi dalam satu agama tertentu.

Menggunakan data usia, fertilitas, mortalitas, migrasi, dan pergantian agama dari seluruh dunia. Peningkatan penganut agama mayor disebabkan tingkat fertilitas dan ukuran populasi generasi muda di negara-negara yang tak begitu sekuler.

Saat populasi dunia diprediksi tumbuh 35 persen sebelum pertengahan abad ini, populasi Muslim diprediksi akan tumbuh 73 persen dari 1,6 miliar jiwa pada 2010 menjadi 2,8 miliar jiwa pada 2050.