Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

11 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sejarah Hari Ini: Kekhalifahan Turki Sepakati Perjanjian Perang Sebelum Runtuh

Ahad 30 Oct 2016 02:01 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah

Tentara Turki pada Perang Dunia 1.

Tentara Turki pada Perang Dunia 1.

Foto: Turkeyswar.com

REPUBLIKA.CO.ID,   Pada 30 Oktober 1918 Kesultanan Turki menandatangani gencatan senjata untuk mengakhiri Perang Dunia I. Dalam Perang Dunia I, Kekhalifahan Turki masuk dalam Blok Sentral yang anggotanya antara lain Kerajaan Jerman, Kerajaan Austria-Hungaria, Kerajaan Bulgaria.

Blok Sentral berperang melawan Kekuatan Sekutu yang terdiri dari Kerajaan Prancis, Kerajaan Inggris Raya, Kekaisaran Rusia, Kerajaan Serbia, Kerajaan Belgia, Jepang, Italia, Portugis, Yunani, Amerika Serikat, Hejaz, Siam, Romania dan masih banyak lagi.

Terlibatnya Turki dalam Perang Dunia I saat mereka menyerang Kesultanan Rusia pada 29 Oktober 1914. Kemudian Kekaisaran Rusia menyerukan perang melawan Kekaisaran Turki.

Pasukan Kekhalifahan Turki bertempur di berbagai medan perang di negara-negara Balkan dan Timur Tengah. Adanya blokade laut oleh negara-negara anggota Blok Sekutu membuat pasukan Turki kewalahan.

Ditambah lagi dengan banyaknya petani yang harus ikut wajib militer. Ini berakibat kurangnya pasokan pangan di kota-kota di Turki. Akhinya Kekaisaran Turki mengalami kekalahan dalam Perang Dunia 1918. Bahkan Kekaisaran Turki dihapuskan pada 1922.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile