Ahad 30 Oct 2016 17:37 WIB

Pemerintah Yaman Resmi Pindahkan Pusat Pemerintahan ke Aden

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Agus Yulianto
Kelompok antipemerintah Yaman
Foto: yemenonline.info
Kelompok antipemerintah Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA -- Perpisahan antara Yaman selatan dan Yaman utara sepertinya akan berlangsung lama. Rakyat dan pejuang di Yaman selatan tak mau dipimpin oleh pemberontak Houthi yang berkuasa di Yaman utara.

Pemerintah resmi Yaman yang berdomisili di Saudi menyatakan, mereka memindahkan pusat pemerintahan ke Aden. Sedangkan pemberontak Houthi membuat pemerintah tandingan di Sanaa bulan ini.

Presiden Yaman Abd Rabbu Mansour Hadi yang dijatuhkan oleh Houthi dengan dukungan Iran, tak ingin uang negara digunakan oleh pemberontak Houthi untuk membiayai perang. Ia memerintahkan bank sentral Yaman dipindahkan ke Aden.

Pemindahan bank sentral Yaman ke Aden akan membuat Houthi kekurangan dana perang. Namun, ini juga menimbulkan risiko ketidakstabilan ekonomi bahkan kelaparan bagi rakyat Yaman sendiri.

Pengamat Politik dari Yaman Farea al Muslimi mengatakan, Houthi sadar kalau mereka tak bisa menaklukkan Yaman selatan. Makanya, mereka memperkuat kekuasaan dan pemerintahannya di utara. "Sedangkan Pemerintah resmi Yaman ingin memperkuat kontrol di Yaman sebanyak mungkin," katanya, Ahad, (30/10).

Namun, ujar Muslimi, gerakan semacam ini semakin memperdalam ketidakpercayaan di antara kedua belah pihak. Persaingan dalam pemerintahan baik Houthi maupun Pemerintah Yaman hanya akan memperpanjang perang.

Hadi mungkin ingin memperkuat pemerintahnya di Sanaa. Sedangkan para komandan perang di selatan sama sekali tak tertarik untuk memperkuat kekuasaan di Yaman utara, mereka justru ingin berpisah dari Yaman utara.

Meskipun Yaman selatan sangat ingin berpisah dari Yaman utara, namun koalisi Arab dan Uni Emirat Arab tak ingin Yaman utara dan Yaman selatan berpisah.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement