Senin 31 Oct 2016 06:22 WIB

Sejarah Hari Ini: Kaisar Wanita Irene Diasingkan ke Pulau Lesbos

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Kaisar Irene.
Foto: Alchetron
Kaisar Irene.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 31 Oktober 802 Kaisar Wanita Irene diasingkan ke Pulau Lesbos. Para konspirator kemudian menaikkan Menteri Keuangan Nikephoros menjadi kaisar bagi Kekaisaran Roma Timur menggantikan Irene.

Irene menjadi kaisar wanita yang berkuasa di Kekaisaran Roma Timur antara 797-802. Irene merupakan bangsawan Yunani yang menikah dengan anak Kaisar Constantine V yakni Leo IV.

Banyak orang menduga Irene ditunjuk menjadi istri Leo IV melalui parade calon pengantin wanita yakni momen para calon pengantin wanita melakukan parade untuk dipilih menjadi menantu.

Pada saat mencapai 25 tahun akhirnya Leo IV mewarisi tahta ayahnya. Ia menjadi kaisar yang memberlakukan iconoclast atau larangan pemujaan berhala. Banyak orang dihukum oleh Kaisar Leo IV karena memuja berhala.

Namun ternyata Sang Kaisar menemukan istrinya Irene menyembunyikan berhala di antara barang-barang pribadinya. Ia sangat marah dan tak mau tidur dengan Irene lagi.

Saat Kaisar Leo IV mangkat akhirnya Irene menjadi wakil kaisar bagi anaknya Constantine. Saat Irene naik menjadi kaisar akhirnya dia menghapuskan iconoclast dan memperbolehkan orang-orang melakukan pemujaan berhala lagi.

Orang-orang kemudian memuja patung-patung dan gambar Yesus Kristus maupun para santo. Namun akhirnya kekaisaran yang dipegang Irene dijatuhkan oleh Dinasti Nikephoria dan  Nikephoros naik jadi kaisar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement