Selasa 01 Nov 2016 06:53 WIB

Pesisir Perenenan Badung Ditata untuk Pariwisata

Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MANGUPURA -- Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, segera menata kawasan pesisir di Pantai Pererenan, Kecamatan Mengwi, untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat yang bergerak di sektor pariwisata.

"Upaya penataan ini agar kawasan Pantai Pereranan tetap asri serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," kata Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan, penataan kawasan pantai ini juga atas permintaan masyarakat pesisir Pantai Pereranan dan pihaknya siap untuk memfasilitasi rencana tersebut agar wisatawan lebih tertarik untuk datang ke tempat itu.

Komitmen Pemkab Badung dapat upaya pelestarian kawasan pesisir pantai di daerah itu, karena fungsi pantai di Pulau Dewata memiliki nilai spiritual. "Berkenaan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Badung senantiasa mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang diinisiasi masyarakat setempat," kata Giri Prasta pria asal Desa Plaga itu.

Bupati Giri Prasta juga telah menginstruksikan SKPD terkait untuk melakukan kajian-kajian dan mediasi, sehingga rencana ini dapat berjalan dengan baik. "Kami Pemerintah kabupaten Badung bersama dengan DPRD Badung sangat mendukung rencana penataan ini, apalagi dengan adanya penataan seperti ini akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan Pantai Pereranan," kata Giri Prasta lagi.

Sebelumya, Bupati Badung menerima audiensi masyarakat pesisir di Desa Pererenan, pada Senin (31/10) lalu untuk membahas rencana penataan kawasan pantai tersebut.

Selain penataan pantai, pemerintah juga berencana membangun jalan melingkar dari jalan raya Pantai Pererenan yang menghubungkan Jala Munduk Tengah, Banjar Pengembungan.

Upaya ini dilakukan, untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di daerah itu dan dapat digunakan masyarakat Desa Adat se-Kecamatan Mengwi untuk menuju akses pantai saat melaksanakan ritual melasti.

Dalam acara audiensi itu, Nyoman Giri Prasta didampingi Sekretaris Daerah Kompyang R. Swandika, Ketua Komisi III DPRD I Nyoman Satria serta Kepala SKPD terkait di lingkungan Pemkab Badung.

Sementara itu, Tim Perumus dan Pengembangan Pariwisata Desa Perenan I Putu Astika mengatakan, rencana pemerintah dan masyarakat Desa Pererenan untuk menata kawasan pantai ini agar dapat menunjang pariwisata di daerah itu. "Biasanya Pantai Pererenan ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan ritual melasti oleh masyarakat Desa Adat se-Kecamatan Mengwi," katanya.

Selain itu, masyarakat juga mendukung adanya akses jalan melingkar di kawasan pantai ini untuk mengurai kemacetan saat masyarakat sedang melaksanakan ritual melasti.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement