Kamis 03 Nov 2016 14:52 WIB

Hari Ikan Nasional Momentum Tingkatkan Konsumsi Ikan

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ikan
Foto: Republika/Prayogi
Ikan

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan peringati Hari Ikan Nasional (Harkannas). Rencananya Harkannas akan dilaksanakan di lapangan Balaikota Depok pada Selasa, (15/11). Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok, Ita Wilda mengatakan mementum ini mengajak masyarakat semakin mencintai produk perikanan.

Peringatan Harkannas nanti akan dirangkai juga dengan beberapa kegiatan, diantaranya Demo masak oleh chef yang tergabung dalam Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI), lomba inovasi menu serba ikan dengan peserta dari SMK yang memiliki jurusan Tata Boga.

Selain itu ada pula sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang rencananya akan diisi oleh Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida, dan stand-stand bazar hasil olahan ikan, serta lomba mewarnai untuk anak sekolah.

"Yang tak kalah pentingnya dari Balai Penelitian dan Pengembangan Budi Daya Ikan Hias (Balitbangdias) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI akan turut menggabungkan acara Rekreasi, Edukasi, Informasi, Komunikasi, Konservasi, dan Atraksi (REIKKA) dengan menampilkan berbagai gelar teknologi perikanan dan launching ikan rainbow,” kata Ita.

Diungkapkan Ita, bahwa kampanye gerakan ini diselenggarakan untuk mendorong peningkatan gizi masyarakat dan kecerdasan IQ secara nasional. Serta dalam upaya pemahaman terhadap manfaat mengonsumsi ikan kepada masyarakat. Acara yang sudah masuk tahun ke 3 ini juga rencananya akan dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Istri Gubernur Jawa Barat Netty Heryawan.

"Ini juga sebagai upaya sosialiasi pentingnya asupan makan ikan dan olahannya untuk peningkatan gizi, Kami mengundang warga Depok untuk hadir dan meriahkan acara yang sudah kami rencanakan dengan baik," kata dia.

Selain itu Ia pun berharap dengan adanya Peringatan Harkannas nanti, warga Depok akan lebih sering mengonsumsi ikan. Hal tersebut karena ikan merupakan salah satu hewan yang banyak mengandung protein hewani dan sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, akan banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi ikan secara rutin.

"Harapan saya warga Depok bisa lebih sering mengonsumsi ikan sebagai lauk yang dimakan, karena di dalam ikan terkandung asam lemak omega 3, kalsium, fosfor, mineral, dan tinggi protein yang berguna bagi kesehatan tubuh dan kecerdasan otak," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement