Kamis 03 Nov 2016 16:41 WIB

Jokowi akan ke Australia

Red: Esthi Maharani
Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kerja ke Australia pada awal November 2016. Ia mengatakan kunjungan tersebut merupakan kunjungan yang penting bagi Indonesia.

"Saya pikir itu merupakan kunjungan yang penting buat kita, Presiden kalau enggak keliru ke Perth juga ya," kata Luhut ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (3/11).

Sebelumnya Menlu Retno menyebutkan bahwa antara Indonesia dan Australia ada kesepakatan untuk memajukan kerja sama dalam sejumlah bidang. "Antara Presiden Jokowi dengan PM Turnbull memiliki kesepakatan untuk memajukan kerja sama di bidang counter terorism," katanya.

Menlu menyebutkan ada beberapa hal yang sudah dilakukan dalam konteks tersebut di antaranya kerja sama dalam hal capacity building, misalnya di Semarang ada Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation. Selain itu kerja sama Indonesia dengan Australia dan Belanda dalam rangka capacity building untuk mengadang gerakan terorisme.

"Poin kedua adalah memajukan kerja sama dalam isu pertukaran informasi intelijen. Saya kira itu sudah maju dengan baik. Hal ketiga yang juga perlu kita majukan, dan itu dilakukan dengan beberapa negara lain, adalah saling berbagi informasi mengenai masalah legislasi nasional dalam konteks countering terorisme," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement